KIR APIS DORSATA, SIAP REKRUT ANGGOTA BARU | SMAN 6 METRO


Hai adik-adik semua!!!
Sebelumnya, aku mengucapkan selamat untuk adik-adik sekalian karena telah lulus dengan memperoleh hasil nilai yang memuaskan  dan tak lupa juga aku mengucapkan Selamat Datang di SMA Negeri 6 Metro, terimakasih karena adik-adik telah bergabung menjadi bagian dari kami. Aku harapkan adik-adik sekalian dapat mengikuti program-program pembelajaran yang telah ditentukan dari pihak sekolah dengan baik dan optimal ya...

Gerbang Selamat Datang di SMA Negeri 6 Metro

“Lalu, apa saja program-program pembelajaran yang ada di SMA Negeri 6 Metro?”
“Apakah hanya belajar materi saja sih, kak?”

Jadi begini, bagi adik-adik yang masih bingung dengan program pembelajaran yang ada di SMA Negeri 6 Metro, apakah hanya dengan belajar materi saja...Jawabannya, Tidak! SMA Negeri 6 Metro tidak hanya belajar materi saja, disini banyak sekali pembelajaran edukasi lainnya untuk mengasah kreativitas adik-adik loh. Yaitu dengan adanya ekstrakurikuler (eskul)  atau organisasi untuk mengasah kreativitas dan mendalami minat kalian untuk bekal ke jenjang selanjutnya.

Ada beberapa pilihan organisasi tentunya, adik-adik gak usah bingung ya... Beberapa organisasi yang ada disini diantaranya: KIR (Karya Ilmiah Remaja), EC (English Club), Pramuka, Rohis, Basket, Voly, Tari, Futsal, PMR (Palang Merah Remaja), dan Paskibra.

“Terus manfaatnya ikut ekstrakurikuler apa kak?”

Tanpa disadari manfaatnya banyak banget lohh...
Tujuan atau target kita akan tercapai, melatih diri kita pada publik speaking, belajar memecahkan masalah, belajar menjadi leadership, memperluas hubungan jaringan antar orang, meningkatkan wawasan dan pengetahuan, mempertambah pengalaman, membentuk karakter, sebagai ajang belajar bersosialisasi.

“Tapi kak, kalo kita ikut kegiatan ekstrakurikuler  bukannya bisa mengganggu kegiatan belajar kita ya?”

Nah sedikit cerita nih, dulunya aku juga berpikir sedemikian. Karena ketika aku SMP banyak banget ekstrakurikuler yang aku ikuti sehingga aku tidak bisa mengatur waktu, membuat nilaiku turun drastis. Dengan pengalaman yang pahit itu, aku gak mau dong harus terulang dengan kesalahan yang sama.

Jadi ketika aku masuk SMA, aku memutuskan untuk tidak mengikuti ektrakurikuler. Ternyata keputusan yang aku buat itu salah. Mengapa? Karena, setelah aku mencari informasi dimedia sosial pengalaman organisasi menjadi point pendukung ketika kita bekerja atau kuliah.

Setelah itu, aku memutuskan kembali untuk ikut organisasi tapi hanya beberapa saja. Karena aku juga harus pintar-pintar membagi waktu untuk belajar. Lalu aku menyadari, ikut organisasi itu penting tapi harus seimbang dengan belajar pelajaran sekolah. Keduanya bukan pilihan ataupun kebodoamatan.

Jadi adik-adik yang sekarang malas mengikuti organisasi atau beranggapan “Ah, aku dulu udah pernah ikut organisasi ketika di SMP. Yang penting aku udah punya pengalaman.” Tolong dihapuskan pemikiran seperti itu, kalo saran aku sih lebih baik ikut organisasi meskipun itu hanya satu daripada tidak sama sekali. Ada yang bilangkan, menyesal itu diakhir kalo diawal itu namanya pendaftaran. Maka dari itu, sebelum menyesal lebih baik langsung daftar ekstrakurikuler.

“Kalo kakak sendiri ikut ekstrakurikuler apa nih?”

Kalo aku ikut organisasi KIR (Karya Ilmiah Remaja). Kenapa? Karena memang aku minatnya disini,,hehe.

Bukan sih, dulunya aku bingung mau ikut organisasi apa. Hampir semua ekstrakurikuler aku coba satu-satu, tapi karena belum ada kecocokan akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti ekstrakurikuler KIR.  Terus nyoba deh ikut KIR, awalnya aku hanya coba-coba, tujuanku dapat nilai tambahan diraport itu aja deh gak mau muluk-muluk. Tapi dengan seiring berjalannya waktu, entah kenapa aku seneng aja gitu. Kebetulan banget aku juga pernah diajak ikut lomba, selain itu kita sering diskusi, melakukan eksperimen (kebetulan banget aku suka hal baru), nah semenjak itu aku ngerasa lebih have fun-lah.

Tapi terserah adik-adik sih, mau ikut ekstrakurikuler apa. Pokoknya ikuti kata hati, pilih organisasi sesuai dengan minat dan bakat kalian. Karena setiap manusia itu memiliki pilihannya masing-masing. Kalo misalnya kamu sukanya disini, lalu teman kamu sukanya beda sama kamu. Karena kamu takutnya gak ada temen nantinya, akhirnya kamu ikut alur aja. Jangan seperti itu ya, pilihan kamu itu ya harus sesuai dengan keinginan kamu.

Baiklah, sampai disini dulu berbagi pengalamannya ya. Sekarang kita membahas mengenai ekstrakurikuler KIR.

“Apa sih KIR itu?”

KIR (Karya Ilmiah Remaja) merupakan suatu ekstrakurikuler atau organisasi yang ada disekolah dengan menciptakan atau melakukan suatu eksperimen terhadap suatu hal sehingga menjadi bahan inovasi yang dapat memberi manfaat.

“Karyanya apa aja kak? Apa hanya membuat karya dalam bentuk benda?”

Eits,,tenang! KIR tidak hanya menciptakan atau melakukan eksperimen dari benda tapi bisa juga dalam bentuk tulisan atau yang biasa disebut dengan Karya Tulis Ilmiah (KTI), bagi adik-adik yang suka nulis tapi bingung mau menuangkan ide apa, KTI cocok dijadikan acuan kepenulisan ilmiah hitung-hitung menjadi pengalaman kita. Dijamin deh gak akan rugi ikut ekstrakurikuler KIR, hehe.

Oke, itu tadi hanya informasi sekilas mengenai KIR. Kali ini aku akan memberi informasi lebih lengkapnya KIR di SMA Negeri 6 Metro, harap simak baik-baik ya!

Logo KIR Apis Dorsata 

KIR di SMA Negeri 6 Metro memiliki nama organisasi APIS DORSATA yang berarti Lebah Madu Raksasa. Diambil dari serangga penghasil madu tersebut karena Apis Dorsata merupakan lebah terbesar dari jenis lebah lainnya. Serangga ini hidup secara berkoloni dengan banyak sekali anggotanya. Kita ambil makna tersiratnya adalah suatu organisasi yang bertahap, melangkah untuk menjadi yang terbaik dengan terus belajar, bereksperimen, dan berkarya sehingga menghasilkan manfaat bagi orang lain. Organisasi yang dilandasi dengan kerjasama antara anggota yang dipimpin oleh ketua.

Tujuan dibentuknya organisasi KIR Apis Dorsata adalah untuk menyiapkan generasi muda di era sekarang ini sehingga dapat menciptakan ide-ide serta karya inovasi yang berguna bagi sesama.

Manfaatnya jika kita mengikuti organisasi KIR banyak loh....diantaranya bisa mengikuti arus teknologi dan informasi sekarang ini, menciptakan karya baru yang bermanfaat, ilmu yang kita dapatkan bisa membantu orang lain, belajar bereksperimen, belajar leadership, dan masih banyak lagi.

Kegiatan organisasi KIR Apis Dorsata seru loh, karena kami berkumpul membahas program-program yang sudah dilist bersama. Kami kumpul setiap hari Rabu. Selain kegiatan rapat kecil-kecilan, biasanya ada pertanyaan dadakan yang dapat menambah point dinilai raport semakin banyak point yang kita dapat nanti akan diberi hadiah menarik.

Diskusi di Kelas
Setiap selesai libur panjang kami akan adakan tukar kado sebagai hadiah, kami juga melakukan eksperimen dengan membuat roket air, masak jantung pisang crispy (JAPING Crispy), pempek kulit pisang, dan membuat miniatur gunung berapi. 

Kegiatan Kami

Selain kegiatan didalam ruangan  kami juga ada kegiatan diluar kelas yaitu outbound. Kegiatan paling seruuuu banget sih menurut aku, karena memang kegiatan edukatif yang memberikan pengetahuan baru, kekompakan dalam kelompok, memahami lingkungan sekitar.


Kegiatan Outbound di Sekitar Sekolah
Untuk lebih lengkapnya foto-foto kegiatan kami ada di instagram, adik-adik bisa loh mengunjungi laman instagram: @kir_smansix_metro jangan lupa difollow yaaa,,hehe

Ayooo Buruan Gabung Bersama Kamiii!!!
Jadi gimana nih adik-adik sekalian serukan  kegiatan-kegiatan kami. Ayo buruan daftar menjadi bagian dari kami di organisasi KIR Apis Dorsata SMANSIX, daftarkan diri kamu secara langsung dengan menghubungi Novia Damayanti (selaku ketua) atau Nana Ariyanti. Caranya gampang banget kok, bisa temui kami disekolah  atau hubungi nomor whatsapp  0852-1021-8762 (Novia Damayanti)  atau DM instagram @nana_ariyanti01 (Nana Ariyanti), jika ada yang ingin ditanyakan boleh kok tanya-tanya dulu pastinya kami akan cepat respon. Oh ya,pendaftaranya GRATIS yaa... Ayooo buruan daftar, jangan sampai ketinggalan !!!

Kami tunggu adik-adik sekalian dipertemuan mendatang...
Sampai bertemu!

Sampai Bertemu diPertemuan Yang Akan Datang....


Komentar

Postingan Populer