Universitas Muhammadiyah Metro Pilihan Anak Milenial

Assalamualaikum Wr. Wb. 
Halo teman-teman sekalian, apa kabar? Semoga senantiasa bahagia dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT. Aamiin. 

Berikut ini saya ingin berbagi tentang, tempat Kuliahan pilihan anak milenial di Lampung. "Ujian Nasional sekarang udah selesai nihh...Apakah masih ada yang bingung menentukan pilihan untuk melanjutkan kuliah?"

Teman-teman yang masih bingung, khusus untuk kelas 12 SMA/SMK sederajat. Pasti bingung untuk menentukan pilihan “Mau melanjutkan universitas kemana ya?”. Jangan bingung atau sampai stress yaaa untuk memikirkan hal tersebut, pasti ada solusi terbaik untuk mencapai masa depanmu. 
Diskusi Bingung Siswa Menentukan Pilihan Kuliah
Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Suatu hari saya bertanya kepada kakak kelas 12, “Kak lulus mau lanjut kuliah dimana?” Jawabannya selalu, “Gak tau, saya bingung mau lanjut kemana?” Jujur saya sebagai pendengar cuma senyum sambil geleng-geleng. Dia yang sebentar lagi lulus masa masih bingung mau lanjut kuliah ke universitas mana, padahalkan universitas banyak sekali, tinggal menentukan aja mau masuk kemana. Ya.. Walaupun, ada juga kakak kelas 12 yang sudah menentukan pilihannya ke universitas yang ia favoritkan.

Setelah saya melakukan observasi kepada kakak kelas 12 yang masih bingung mau melanjutkan kuliah kemana, membuatku melakukan persiapan dari sekarang, setelah saya lulus saya harus tahu kemana saya akan lanjutkan kuliah. Saya tidak mau dong, tidak ada persiapan sama sekali. Kalau kita sudah tahu tujuan kita mau melanjutkan kuliah ke universitas mana, maka kita juga harus mempersiapakan dari sekarang dan semaksimal mungkin agar mendapatkan informasi yang terbaik. Jangan hanya berekspektasi saja, kita juga harus berusaha semaksimal mungkin dan jangan sampai menunggu waktu karena waktu tidak akan menunggu kita.
Pintu Gerbang Masuk Kota Metro
Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Maka dari itu, dari sekarang saya mencari informasi seputar universitas yang ada di Lampung, khususnya seputaran Kota Metro. Akhirnya, saya menemukan universitas yang ada di Metro yaitu Universitas Muhammadiyah Metro yang biasa disingkat UM Metro.

Universitas Muhammadiyah Metro menjadi salah satu universitas terbaik yang ada di Lampung. UM Metro menjadi salah satu dari tiga universitas terbaik yang ada di Lampung. Tak heran, jika banyak sekali peminat untuk menimba ilmu disana. Informasi yang saya dapatkan, tidak hanya disekitar daerah Lampung, tetapi dari luar Lampung juga berkuliah disana.
Gambar UM Metro
Sumber Foto : https://www.ummetro.ac.id.

Bagi kalian yang ingin kuliah di universitas ini, kalian bisa banget nih mendaftar di UM Metro. Untuk lebih detail informasi, yuk buka alamat web UM Metro ini, di: https://www.ummetro.ac.id

Jujur saja, saya hampir sering mendengar kalimat UM Metro. Tapi, saya hanya mendengar saja, tidak tahu arah jalan menuju UM Metro. Seiring berjalannya waktu, saya pernah mengikuti perkumpulan remaja Genre, tepat sekali tempatnya di UM Metro. Saya dan temanku kesana, yahh walaupun kesasar sedikit, akhirnya saya tau letaknya. 

Ketika memasuki universitas tersebut, saya disuguhi pemandangan-pemandangan yang menurutku bagus dan menarik, diantaranya terdapat gedung-gedung, lapangan basket, kantin, masjid dan masih banyak lagi bangunan yang menarik.
Ketika Saya Mengikuti Lomba di UM Metro
Sumber Foto: Dokumen Pribadi 
Lalu, untuk yang kedua kalinya saya kesana, yaitu ketika saya mengikuti lomba LKTI Essai dalam rangka “ACFION Accounting Fun Competition 2019”. Sangat berkesempatan sekali saya dapat mengikuti lomba disana, membuatku semakin lebih ingin tahu mengenai universitas tersebut. Apalagi kakakku adalah lulusan dari universitas tersebut. Dari informasi kakakku, untuk kuliah di UM Metro nggak akan menyesal dan sangat sesuai untuk kaum milenial saat ini.
Foto Bersama Kakakku ketika Wisuda di UM Metro
Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Lanjut cerita dari kakakku “Universitas ini sangat cocok sekali untuk para kaum milenial jaman sekarang, karena kampusnya sangat modern, tenaga penganjarnya handal-handal, memiliki banyak prodi-prodi pilihan serta suasana perkuliahan yang nyaman lengkap fasilitas di kelas, contoh kecil ruang kuliah sudah ber-AC, dll”. 

Dari cerita kakakku tersebut saya semakin penasaran, gimana sih UM Metro itu?, Saya searching di Internet dan sosial medianya UM Metro, yaitu; 
Youtube : UMMetro TV

Teman-teman untuk mengkepoin tentang universitas tersebut, bisa follow akun-akun sosial media UM tersebut. Sangat milenial sekali yaa..UM Metro punya semua akun sosial media.

Selain saya menelusuri semua akun sosial media UM Metro tersebut, saya juga buka-buka buku wisuda UM Metro. Dari sekian banyak info yang saya dapatkan ternyata: UM Metro memiliki 4 kampus yaitu beralamatkan: 
Kampus 1: Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro. 
Kampus 2: Jl. Ki Hajar Dewantara, 38 Banjar Rejo, Batang Hari, Lampung Timur. 
Kampus 3: Jl. Gatot Subroto No. 100, Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro.
Kampus 4 (Pontren At-Tanwir): Jl. Proklamasi No. 01, Mulyosari, Metro Barat, Kota Metro. 

Kampus 1 UM Metro
Sumber Foto: Dokumen Pribadi 
Kampus 2 UM Metro
Sumber Foto: Dokumen Pribadi 
Kampus 2 UM Metro
Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

Kampus 4 UM Metro
Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

Wah keren bangat ya ternyata memiliki banyak kampus, dan kerennya lagi Motto Universitas Muhammadiyah Metro yaitu ”Solusi Sukses Masa Depan”.

Saya juga mencari tahu apa sih visi dan misi UM Metro?
Visi yang dimiliki Univeristas Muhammadiyah Metro, diantaranya ingin mewujudkan: “Terintegrasinya Nilai-nilai Islam dalam Kompetensi Individu Lembaga Menuju Sepuluh Besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Terbaik pada Tahun 2020”. Sedangkan Misi UM Metro:

  • Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian. Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Meningkatkan Iman dan Taqwa, Berkepriabadian Profesionalitas Utama Berdasarkan Nilai Keislaman dengan Memperhatikan Situasi dan Kondisi Nasional dan Internasional di Dukung Oleh Sarana dan Prasarana yang Memadai.
  • Meningkat sumber daya manusia yang menghayati, mengamalkan dan mengembangkan nilai Islam ke dalam disain dan aktualitas kompetensi, sehingga mencerminkan SDM yang profetis (kuat aqiqah, ibadah, mu’amalah dan akhak), intelektualis (menguasai ilmu pengetahun, teknologi dan seni), humanis (ukhuwah, bertanggung jawab dan empati), dan mampu memelihara dan mengembangkan bidang keahliannya.
  • Menghasilkan lulusan yang Islami dan profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (mubaligh).
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) yang memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat manusia. 
  • Mengembangkan layanan yang prima terhadap civitas akademika, keilmuan, kelembagaan, dan kemasyarakatan.
  • Mengembangkan kelembagaan yang sehat, mandiri, dan kredibel dalam mengemban amanah persyarikatan.
Dari visi dan misi UM Metro tersebut, WOW keren banget sangat dibutuhkan anak milenial. Sehingga membuat saya semakin bersemangat menjelajahi informasi tentang UM Metro. 

Untuk lebih lanjut seputar Universitas Muhammadiyah Metro, yukk baca penjelasan seterusnya....
 Univeristas Muhammadiyah Metro
Sumber Foto : https://www.ummetro.ac.id.

Bagaimana Sejarah UM Metro?   
Sejarah Universitas Muhammadiyah Metro pada mulanya merupakan pengintegrasian dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Muhammadiyah Metro dan Sekolah Tingggi Ilmu Ushuludin (STIU) Muhammadiyah Metro. Sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 01173/0/1991 tanggal 30 Maret 1991, tentang pengintegrasian dan perubahan bentuk dari tiga Sekolah Tinggi di Lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II dan satu Sekolah Tinggi di Lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah VII menjadi Universitas Muhammadiyah Metro. “Hmm..Ternyata UM Metro sudah cukup lama berdiri hampir 30 tahun lamanya, sudah sangat dewasa sekali”.

Mengapa UM Metro sangat milenial sekali? Karena UM Metro merupakan amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi yang dijiwai dan dilandasi nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan pada tataran idiologis-filosofis ataupun praktis aplikatif serta menjadi salah satu kekuatan untuk kelangsungan dan kesinambungan Muhammadiyah dalam mencapai tujuannya sebagai gerakan dakwah dan tajdid yang melintasi zaman. Universitas Muhammadiyah Metro sebagai bagian dari keluarga besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus mampu menjawab tantangan masa depan tersebut dengan melaksanakan tugas, fungsi, dan peran sebaik-baiknya. “Apalagi anak milenial sangat membutuhkan sekali hal tersebut demi masa depan bangsa”.

Fakultas dan Program Studi yang Ada di UM Metro
Bagi temen-temen yang masih bingung mau pilih fakultas apa?..Nahh,,pas banget nih disini banyak banget pilihannya..Jadi gak usah bingung ya..Dan gak usah khawatir, apakah Fakultas dan program studinya bagus? 

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Muhammadiyah sangat beragam dan berkualitas, karena sudah terakreditasi nasional oleh BAN-PT: B diantaranya:

1. Program Pascasarjana 
Magister Pendidikan Biologi (Akreditasi BAN-PT : B) 
Magister Manajemen (Akreditasi BAN-PT : B) 
Magister Administrasi Pendidikan (Akreditasi BAN-PT : B) 

2. Fakultas Agama Islam (FAI) 
Pendidikan Agama Islam (Akreditasi BAN-PT : B) 
Komunikasi Penyiaran Islam (Akreditasi BAN-PT : B) 
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Akreditasi BAN-PT) 
Manajemen Pendidikan Islam (Akreditasi BAN-PT) 

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 
Bimbingan dan Konseling (Akreditasi BAN-PT : A) 
Pendidikan Ekonomi (Akreditasi BAN-PT : B) 
Pendidikan Sejarah (Akreditasi BAN-PT : A) 
Pendidikan Matematika (Akreditasi BAN-PT : B) 
Pendidikan Biologi (Akreditasi BAN-PT : B) 
Pendidikan Fisika (Akreditasi BAN-PT : B) 
Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi BAN-PT : B) 

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 
Manajemen (Akreditasi BAN-PT : B) 
Akuntansi (Akreditasi BAN-PT : B) 
D3 Akuntansi (Akreditasi BAN-PT : B) 
D3 Keuangan dan Perbankan (Akreditasi BAN-PT : B) 

5. Fakultas Hukum (FH) 
Hukum (Akreditasi BAN-PT : A) 

6. Fakultas Teknik (FT) 
Teknik Mesin (Akreditasi BAN-PT : B) 
Teknik Sipil (Akreditasi BAN-PT : B) 

7. Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) 
Ilmu Komputer (Akreditasi BAN-PT : C) 
D3 Sistem Informasi (Akreditasi BAN-PT : B) 

8. Pendidikan Profesi Guru (PPG) 
Pendidikan Sejarah (Izin Pembukaan) 
Pendidikan Ekonomi (Izin Pembukaan) 

Bagaimana teman-teman keren banget kan? Semua prodinya sudah terakreditasi dari B dan ada juga yang terakreditasi A. Terus sedangkan kampusnya sendiri terakreditasi B lohh... Jadi tidak usah ragu untuk kuliah di UM Metro. Dijamin jika prodinya terakreditasi B, lulusannya untuk melamar kerja dimanapun aman.

“Lalu, bagaimana ya fasilitas kampusnya?
Bagi teman-teman yang penasaran, apa aja sih fasilitas yang ada di UM Metro? Disana memadai gak? Lengkapkah atau memenuhi keperluan bagi para mahasiswa gak sih? Yukk, silahkan baca dibawah sini”.

Fasilitas kampus yang cukup memadai bagi mahasiswa yang kuliah di universitas ini, diantaranya:

  • Ruang Kuliah Resperentatif
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Biologi dan Fisika
  • Laboratorium Teknik Mesin dan Workshop
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Bimbingan dan Konseling
  • Laboratorium Matematika
  • Laboratorium Manajemen
  • Laboratorium Mikro Teaching
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Multimedia
  • Laboratorium Sejarah
  • Laboratorium Produksi dan Media serta Home Production Dakwah
  • Laboratorium Hukum (Praktek Peradilan Semu, Kemahiran Hukum: Copy Morning, Student Day, BBKKBH, SJIDH)
  • Laboratorium Bank Mini
  • Unit Kegiatan mahasiswa (Menwa, KSR-PMI, Tapak Suci, Pramuka, Mapala, Theater, Musik, dll)
  • Area Parkir yang Luas
  • Lapangan Olahraga
  • Magang Kerja diperusahaan bank Metro dan Perusahaan Jepang
  • Tersedia Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi Baik dari Yayasan Supersemar dan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bantuan Mahasiswa (BBM)
  • Internet dan Fasilitas Hot Spot Free
  • Area Wall Climbing (Standar Kompetensi Nasional)
  • Mini Market
  • Fasilitas Pendukung Lainnya.
“Woww..Lengkap sekali fasilitas yang ada disana. Semakin semangat anak milenial untuk kuliah di UM Metro ini”.

Kira-kira prestasi apa aja ya, yang diraih UM Metro? 
UM Metro Kampus Terbaik berdasarkan versi 4 International Colleges Universities merupakan Universitas terbaik ke-2 di Provinsi Lampung dari 85 PTN/S yang ada di Lampung, peringkat ke-9 perguruan tinggi Muhammadiyah/Aisisya. 100 PTN/S se-Indonesia dari 4.498 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. UM Metro juga berdasarkan peringkat manajemen terbaik di L2DIKTI Wilayah 2 peringkat terbaik ke-3.
UM Metro Peringkat Terbaik 3

Prestasi yang ditorehkan mahasiswa untuk Univeritas Muhammadiyah Metro, sangat banyak dari oliampiade tingkat nasional hingga pesta olahraga Nasional. Setelah saya kepoin di website dan akun sosial media “Wow spektakuler.... Banyak sekali prestasi yang ditorehkan mahasiswa UM Metro, nah ini bukti bahwa UM metro sangat memfasilitasi minat dan bakat mahasiswanya, para milenial tidak akan ragu lagi untuk Kuliah di UM Metro”.

“Yups, panjang lebar sekali ya, saya cerita tentang UM Metro?, Oke deh ini terakhir bahasan saya mengenai Universitas Muhammadiyah Metro Pilihan Anak Milenial, yuk bahas tentang unit kegiatan mahasiswa yang pasti diminati anak milenial jaman sekarang”. 

Selain banyaknya pilihan prodi, fasilitas, prestasi UM Metro, unit kegiatan mahasiswa di UM Metro banyak gak ya? Apa aja sih?

Universitas Muhammadiyah Metro memiliki unit kegiatan bagi mahasiswa untuk terus aktif berorganisasi atau kegiatan, diantaranya: Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Hizbul Wathan, Pramuka, Tapak Suci, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Mentari, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Matrix, Futsal, Basket, KSR - Palang Merah Indonesia (PMI), Theater Mentari, PIK-M Pilar, Korps Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah (KM3). “Asik ya, tinggal pilih mana yang akan diminati oleh anak milenial ketika kuliah di UM Metro”.

Nah,, sekarang tidak usah ragu lagi yaa untuk menentukan pilihan dimana kuliah, Universitas Muhammadiyah Metro Solusi Sukses Masa Depan. 

Kualitas Universitas Muhammadiyah Metro sudah tidak diragukan lagi, banyak sekali peminat untuk berkuliah disana. Program-program UM Metro yang sangat bagus sehingga mahasiswa memiliki prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Yuk, buruan daftar ke Universitas Muhammadiyah Metro. Mari Sukses Bersama UM Metro. UM Metro Kampus Terbaik!!
Penerimaan Mahasiswa Baru di UM Metro
Semoga selalu bahagia!
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sumber Pustaka:
1. Univeristas Muhammadiyah Metro. 2018. Profil Lulusan Milad Ke-51 dan Wisuda Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma tahun 2018. Buku Wisuda UM Metro. Univeristas Muhammadiyah Metro.
2. Website UM Metro : https://www.ummetro.ac.id.
3. Sosial Media UM Metro
Twitter: https://twiter.com/UnivMuhmetro
Facebook Fanpage: https://www.facebook.com/ummetro.1996/
 Instagram: https://www.instagram.com/um metro/ 

Komentar

  1. Sukses selalu ya, teruskan menulis dan jangan smpai disini saja. bukankah ada pepatah "jika ingin kenangan di dunia maka menulis lah "

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih sudah mampir ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  3. Sangat memberi informasi sekali

    BalasHapus
  4. Bagus,keren,bahasa mudah di pahami,dan sangat memberikan informasi bagi para pelajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir dan membaca ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  5. Wah..bagus na,semoga kedepannya bisa buat blog yang bermanfaat lainya..๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. Terus berkarya, semoga kelak menjadi seorang penulis besar, dan dengan bangga, I'll tell them, she is my daughter.
    Chayooo!

    BalasHapus
  7. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus
  8. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus
  9. Bandar Game Online Uang Asli Terbaik dan Terpecaya Di Indonesia

    Mau main Poker tapi kalah melulu? Ganti Hokimu dengan bermain di Zeus Bola dijamin winrate 80%
    Zeus Bola menyediakan berbagai macam permainan kepada kalian semua untuk bisa memilih dan bermain permainan yang kamu sukai salah satunya ialah poker.

    Di sini kami menyediakan permainan poker yang terlengkap dengan berbagai fasilitas yang lengkap untuk semua permainan seperti :

    - POKER
    - DOMINO
    - CEME
    - CAPSA
    - CEME KELILING
    - SUPER TEN
    - OMAHA

    Kami juga menyediakan berbagai jenis permainan lainnya.
    Penasaran? Segera daftarkan dirimu di Zeus Bola dan nikmati Segala Fasilitas yang Terbaik dan Terpercaya

    Info Lebih Lanjut Hubungi Contact Kami :
    - Live Chat Zeus Bola : >> http://104.248.148.252/ <<
    - Whatsapp : >> https://wa.me/6281333555996 <<
    - Telegram : >> https://t.me/zeusbola <<

    BalasHapus
  10. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer