Pengalaman Pertama Aku Ikut LCC 4 PILAR Kebangsaan Tingkat Kota Metro


Assalamualaikum Wr. Wb.


Hallooo teman-teman sekalian... Gimana kabar kalian semua??
Semoga selalu bahagia dan dalam lindungan Allah SWT.ya....

Btw, udah lama bangettt ya, aku jarang nongol di Blog ini...
Dann..akhirnya aku bisa nongol lagi nihh...
Horreee.....

Oh ya,disini aku mau berbagi cerita tentang pengalaman pertama aku ikut Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 PILAR Kebangsaan.


Kalau ditanya gimana rasanya ikut LCC 4 PILAR Kebangsaan, rasanya tuh deg-deg-an, seneng, bahagia...hmmm...nano-nanolah pokoknya,,hehe

Jadi,cerita awal gimana aku bisa ikut LCC 4 PILAR Kebangsaan adalah... aku ditawari oleh Guru mata pelajaran  PKN, yaitu Bu Rokhmani.  Awalnya aku sempet ragu, karna aku merasa  gak ada pengalaman  dan jujur aku gak terlalu menguasai pelajaran PKN,,hehe....

Dan LCC 4 PILAR?
Aku gak tau gimana aturan mainnya dan apa aja yang harus aku kuasai. Meskipun,, aku pernah menonton sekilas acara LCC 4 PILAR sekitar 1 tahun yang lalu disalah satu program TV, tapi aku gak ada pengalaman sama sekali.

Tapi, karna aku penasaran dan ingin mencari pengalaman yang baru... Oke lah, akhirnya aku mau mengikuti  LCC 4 PILAR,,, selagi masih kelas 11...Kenapa gak?? Hehe...

Hari Jumat, 24 Januari 2020. Aku diminta berkumpul untuk membahas materi yang harus dipelajari. Ternyata, LCC 4 PILAR dilaksanakan secara beregu, 1 regu terdiri dari 10 orang, dengan 1 orang menjadi juru bicara. Dan serunya, 1 kelompokku ini terdiri dari teman-teman yang berbeda kelas,,
Apa manfaatnya?? Manfaatnya adalah, aku bisa saling lebih kenal dengan teman yang berbeda kelas. Yang awalnya gak kenal sama sekali, jadi kenal dengan mengikuti suatu kegiatan..
Selain itu, dengan mengikuti  perlombaan kita jadi lebih banyak mencari pengalaman-pengalaman yang baru, teman baru, serta melatih sikap sosial dan public speaking kita lohh...

Setelah membahas materi yang harus dipelajari, kami diberi tahu bahwa lomba akan dilaksanakan pada Hari Selasa, 4 Februari 2020. Kita semua kaget dongg... 12 hari gaess,,kita harus kejar materi,, mantap banget gak tuhh....Dan, kalo kalian tahu materi yang harus dipelajari tuh banyakkkk bangettt.... Sedangkan kita, baru sekias-kilas aja yang paham...

Akhirnya,,,, kita sepakat dengan tetap mengiikuti LCC 4 PILAR  dan  apapun yang terjadi harus kita hadapi bersama. Ada rasa pesimis, apakah kami mampu dengan ini semua? Tapi, ya harus hadapi ya. Gimana pun resikonya....

Supaya  kami gak merasa bosan, kami belajar diselingi dengan ngobrol atau main HP. Kenapa begitu? Karna, materi yang kita hadapi gak cuma paham konsep tapi juga harus menghafal materi. Dan yang  bikin gak bosen bangettt adalah, karna  teman-teman yang asik  dan kocak parahh...Bawaannya ketawa terosss....

Keseruan Kami di LEC Kartikatama Metro 


Hampir setiap harinya juga, aku dan teman-temanku dibimbing oleh Bu Rokhmani dan Ayah Nyoman.  Kami diberi masukan dan bimbingan mengenai LCC 4 PILAR. Kami sangat bersyukur dan senang, karna kami diberi dukungan oleh Beliau. Selain itu, kami juga diberi masukan dan dukungan oleh Ibu Sunarti, M.Pd selaku Kepala Sekolah dan Bapak-Ibu Guru SMA N 6 Metro serta teman-teman semua.Kami merasa semangat untuk lebih optimal.

Dilain sisi, pernah gak sih merasa sedih ketika harus ngerelain motong jam pelajaran? 
Tapi, kita harus siap dengan segala resiko itu semua. Karna, berjuang itu harus ada yang harus dikorbankan. Dan,,jangan sampai kita lengah atau menyepelekan  tugas-tugas sekolah yang sedang menanti kita. Dengan ini semua, aku tahu bahwa kita harus disiplin dalam segala hal. Jangan buang-buang waktu dan tetap semangat. Ingat ya!!!,, apa yang kita tanam itulah yang kita petik. Apa yang sekarang kita perjuangkan, kelak yang kita dapat akan sepadan dengan perjuangan yang kita lakukan. 

Hari yang ditunggu.... Selasa, 4 Februari 2020 LCC 4 PILAR Kebangsaan, dilaksanakan di LEC SMAS Kartikatama Metro.  LCC 4 PILAR diikuti  kurang lebih oleh 21 sekolah se- Kota Metro.  Kami melihat lawan-lawan dari sekolah lain awalnya agak pesimis. Tapi, dengan saling menyemangati satu sama lain dan selalu berpikir positif bahwa kami bisa. Kami, berusaha untuk percaya diri  dan menikmati acaranya.

Persiapan Keberangkatan Kami

Kami mendapat gilir ke 5, tepatnya setelah sholat dzuhur. Kami akan bertading dengan 3 sekolah. Sebelum maju, kami berdoa dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar LCC 4 PILAR berjalan dengan lancar dan kami maksimal.

LCC 4 PILAR Kebangsaan,  tahap awal yaitu kami menyanyikan yel-yel setelah itu  diberi pernyataan untuk berargumentasi, tahap kedua yaitu pertanyaan cepat tepat, tahap ketiga yaitu pernyataan benar salah.

Penampilan Yel-Yel SMA N 6 METRO

Pernyataan Argumetasi
Pernyataan Benar Salah

Ternyata, yang diambil untuk bisa masuk ke babak semifinal adalah point yang besar. Jadi, kami harus mengumpulkan banyak point untuk masuk ke babak semifinal.

Setelah kami menyelesaikan babak pertama, kami hanya pasrah dengan hasilnya. Tiba-tiba Ayah Nyoman memberitahu kami, “ Siap-siap ya... Abis Ashar kalian melaju ke Semi Final..”
Kami kaget banget dapet kabar begituan, gak nyangka  bahwa kami bisa melaju ke semifinal. Awalnya kami gak percaya, kami mengira ini adalah sebuah prank...Ngakak gak sih...
 

Akhirnya kami diberi bukti dan melihat langsung kertas yang tertempel di pintu masuk,,,dan benar kami masuk ke semifinal...

Kami Melaju ke Semifinal 2
Jujur saja ya, setelah tanding awal tadi kami agak pesimis gitu. Apakah kami bisa melaju ke babak selanjutnya..Tapi, kita tetap berdoa dan yakin bahwa kami bisa masuk ke babak selanjutnya., dan Alhamdulillah atas izin Allah kita bisa masuk ke babak selanjutnya.

SMA N 6 Metro, masuk  semifinal ke-2. Aku ngerasa ini cepet baget, perasaan tadi ke-1 aja baru tanding kok tiba-tiba sekarang udah dipanggil aja...Hmmm...

Sebelum masuk, kami sedikit membuat strategi dan berdoa supaya bisa melaju ke final. Kami sempat diberi semangat oleh kakak panitia.  Kembali lagi, rasa ragu dan gak yakin datang menghampiri kami. Melihat lawan yang sepertinya.....Hmmm....Kami sedikit takut, dan apapun yang terjadi ya siap.

Setelah masuk ke tempat pertandingan, kami bersusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan argumen dan jawaban yang maksimal. Tapi apa daya, hasil akhir... kami kalah dari lawan dengan selisih point 6 angka. Sedikit sedih, kecewa ya...Tapi ya mau gimana lagi? Mungkin memang rezeki dari Allah sampai sini. Ambil positifnya aja, mungkin kami harus lebih giat dan mengevaluasi agar tahun depan bisa masuk final dan juara.

Memang benar  kata orang-orang, penyesalan selalu datang diakhir. Kalau datang diawal itu namanya pendaftaran. Kami yakin, jika kami lebih maksimal lagi dan semangat.... yakin deh masuk final,,hehehehe...

Tapi gak papa...Berjuang tuh, kadang gak sekali langsung berhasil. Harus ada jalan terjal yang harus dilewati supaya dapat pengalaman-pengalaman yang lebih. Jadi TETAP SEMANGAT!!!

Datang,  Berjuang,  Semangat


Daftar yang ikut LCC 4 PILAR Kebangsaan 2020 dari SMA N 6 Metro:
1. Azzahra Patma Prabawati [Juru Bicara]
2. Nana Ariyanti
3. Vanessa Refita Sari
4. Novia Damayanti
5. Komang Ayu
6. Wayan Ayu
7. Agung Rizki Adi Ramadhan
8. Nikko Hafizh Nugroho
9. Arifin Ilham
10. Wayan Prema
Dari ini semua aku bisa mengambil beberapa  point penting dari LCC 4 PILAR Kebangsaan, yaitu kita sebagai manusia biasa harus lebih dekat dengan Sang Pencipta seperti beribadah dan berdoa, disiplin waktu, kompak, lebih optimal lagi belajarnya, semangat, dan yang terpenting adalah tetap percaya diri dan delete kata pesimis di otak kita. Kita harus yakin bahwa kita bisa dan mampu menghadapi ini semua.

Sebelum aku tutup ceritaku ini, aku mengucapkan banyak terima kasih kepada Bu Sunarti, Bu Rokhmani, Ayah Nyoman, Bapak Ibu Guru SMA N 6 Metro dan teman-teman semua atas doa dan dukungannya.

Generasi Kebangsaan Bangsa...
Bersatu, Cerdas, dan Optimis..
Maju Bersama Hebat Semua...
Ini Baru Indonesia..

Okkeeee....Sekian dari  aku ya...
Tunggu cerita pengalam-pengalaman aku selanjutnya.....


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

  1. Wahh.. Seru sekali ya.
    Pengalaman2 yg seruu 😊

    BalasHapus
  2. Jangan pernah menyerah untuk sebuah perjuangan. Hari ini kita belum berhasil esok kita Berhasil. Tetap dan terus semangat untuk menjadi terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat dan terus berjuang. Karna kesuksesan perlu lebih ektra perjuangan.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer